Pengertian Infrastruktur, Kegunaan, Komponen, Jenis dan Masalah serta Solusinya

Author -  Admin Pengadaan

Keberadaan infrastruktur Indonesia merupakan sebuah hal yang mutlak diperlukan. Di era globalisasi seperti saat ini, infrastruktur dapat membuat sebuah negara menjadi lebih maju dan mampu menyamakan diri dengan negara yang lain yang ada di dunia.

Meski demikian, pembangunan infrastruktur tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Selalu ada hambatan ataupun permasalahan yang mengiringi pembangunan serta pengembangan infrastruktur. Hal ini pula yang saat ini sedang dihadapi di negara kita.

Sebelum kita membahas mengenai permasalahan infrastruktur di Indonesia, ada baiknya terlebih dulu kita membahas tentang pengertian dan jenis-jenis dari infrastruktur.

Via Pixabay.com

Pengertian Infrastruktur


Secara umum, infrastruktur dapat diartikan sebagai struktur dan fasilitas dasar, baik fisik maupun sosial, seperti misalnya konstruksi bangunan, jalan tol, dan pasokan listrik, dan berbagai macam hal yang diperlukan untuk operasional kegiatan masyarakat ataupun pelayanan publik.

Infrastruktur adalah semua fasilitas yang diperlukan oleh masyarakat umum untuk mendukung berbagai kegiatan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, infrastuktur merupakan semua fasilitas, baik fisik maupun non fisik yang dibangun oleh pemerintah maupun perorangan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dalam berbagai sendi kehidupan sosial dan masyarakat.

Fungsi dan Kegunaan Infrastruktur

Infrastruktur memiliki fungsi yang sangat penting bagi kemajuan suatu wilayah atau negara. Karena infrastruktur berperan sebagai penopang kegiatan masyarakat. Infrastruktur berfungsi untuk memfasilitasi serta mendukung kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat, khususnya dalam pendistribusian barang/jasa.

Adapun kegunaan infrastruktur adalah baik di bidang sosial, ekonomi, maupun budaya. 

  • Di bidang sosial, infrastuktur bermanfaat sebagai konektivitas. Tanpa adanya infrastruktur, suatu daerah akan terisolasi dan tidak dapat terhubung dengan daerah lainnya. Tentu saja hal ini dapat menghambat kehidupan kehidupan masyarakat di daerah tersebut.
  • Di bidang ekonomi, infrastruktur bertindak sebagai roda penggerak pertumbuhan ekonomi suatu daerah atau negara. Dengan infrastruktur yang baik maka kualitas hidup masyarakat akan semakin meningkat. Produktivitas kerja dan dan akses kepada lapangan kerja semakin mudah sehingga kemakmuran masyarakat di suatu daerah tersebut semakin meningkat.
  • Di bidang budaya, pembangunan infrastruktur berperan penting bagi pembangunan nilai-nilai budaya. Sebagai contoh, pembangunan infrastruktur bandara di suatu wilayah dapat menciptakan masyarakat yang disiplin, mencintai kebersihan, dan lain sebagainya.


Komponen Infrastruktur


Komponen infrastruktur dapat dikategorikan menjadi 3 hal, yaitu:

1. Komponen infrastruktur yang bersifat input

Artinya jenis komponen infrastruktur yang dapat memberikan manfaat atau hasil bagi kondisi sosial-ekonomi masyarakat. Sebagai contoh, infrastruktur jalan, fasilitas infrastruktur pasokan sumber listrik dan air bersih.

2. Komponen infrastruktur yang bersifat output

Artinya jenis komponen infrastruktur yang fokus pada pengambilan output yang dihasilkan dari kegiatan masyarakat. Sebagai contoh, sistem infrastruktur pembuangan sampah atau limbah, sistem infrastruktur saluran air/drainase, dan lain sebagainya.

3. Komponen infrastruktur input-output

Artinya komponen infrastruktur yang berfokuskan pada proses pemberian dan pengambilan sesuatu dari kehidupan sehari – hari masyarakat. Sebagai contoh, infrastruktur jaringan telekomunikasi, di mana masyarakat selaku konsumen memberikan input berupa pembayaran tagihan telepon. Sedangkan outputnya berupa akses jaringan telekomunikasi sebagai pendukung aktivitas sehari-seharinya.


Jenis-Jenis Infrastruktur


Mengacu pada pengertian infrastruktur, ada beberapa jenis infrastruktur yang dirancang agar mampu melayani masyarakat. Beberapa jenis infrastruktur adalah sebagai berikut:

1. Infrastruktur Keras

Infrastruktur keras merupakan infrastruktur yang berkaitan dengan pembangunan fasilitas umum yang wujudnya fisik, seperti misalnya infrastruktur jalan raya, jembatan, jalur kereta api, bandara, pelabuhan,dll.

2. Infrastruktur Keras Non-Fisik

Infrastruktur Keras Non-Fisik dapat diartikan sebagai infrastruktur yang berhubungan dengn fungsi utilitas publik, seperti pengadaan air bersih, penyediaan pasokan listrik, jaringan komunikasi, serta pasokan energi.

3. Infrastruktur Lunak

Infrastruktur lunak adalah jenis infrastruktur yang berkaitan dengan sistem, nilai, norma, peraturan, serta pelayanan publik. Contoh dari infrastruktur ini antara lain:
  • Etika kerja
  • Peraturan lalu lintas
  • Pelayanan publik
  • Undang-undang hukum yang berkaitan dengan perdagangan, pernikahan, dan lain sebagainya

Masalah Infrastruktur Indonesia


Proses pembangunan dan pengembangan infrastruktur Indonesia bukanlah hal yang mudah. Berikut ini adalah beberapa permasalahan yang berkaitan dengan infrastruktur di Indonesia:

  1. Kurangnya koordinasi dalam membangun infrastruktur
    Permasalahan yang kerap kali dihadapi infrastruktur di Indonesia adalah kurangnya koordinasi sehingga menghambat proses pembangunan infrastruktur tersebut.  Bentuk-bentuk keputusan bersama antar lembaga sering kali membuat pembangunan infrastruktur berjalan lambat dari rencana semula.
     
  2. Kurangnya dana
    Pembangunan infrastruktur di Indonesia tidak dapat berjalan dengan baik karena kurangnya biaya yang dimiliki oleh pemerintah.
     
  3. Kendala pembebasan lahan
    Masalah pembebasan lahan bisa menjadi faktor yang menghambat proses pembangunan infrastruktur di tanah air.  Pembebasan lahan kadang kala juga menimbulkan konflik sosial di tengah-tengah masyarakat.
     
  4. Kurangnya kompetensi yang dimiliki oleh lembaga pembangun infrastruktur
    Kurangnya kompetensi yang dimiliki oleh lembaga yang diberi kewenangan untuk melakukan pembangunan infrastruktur juga menjadi kendala dalam membangun infrastruktur dengan maksimal.
     
  5. Penyusunan peraturan yang berlangsung lambat
    Proses penyusunan peraturan pembangunan sulit dilakukan karena panjangnya birokrasi yang harus dilalui.
     
  6. Kesadaran keselamatan kerja dalam pembangunan infrastruktur
    Kadang kala pembangunan infrstruktur tidak diimbangi dengan kesadaran keselamatan kerja yang memadai. Hal ini akhirnya menimbulkan kecelakaan kerja yang menghambat pembangunan tersebut.

Solusi Permasalahan Infrastruktur di Indonesia



Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan pemerintah dan masyarakat agar dapat mengatasi permasalahan pembangunan infrastruktur di Indonesia:

1. Memperbaiki kerjasama antar lembaga

Kerjasama yang baik antar lembaga pemerintah sangat dibutuhkan dalam proses pembangunan dan pemeliharaan infrstruktur di Indonesia. Tiap-tiap lembaga harus mampu menjalankan masing-masing perannya  agar pembangunan infrastruktur tidak terhambat.

2. Merencanakan pembangunan infrastruktur secara matang

Setiap lembaga pemerintah yang berwenang dalam pembangunan infrastruktur harus berkoordinasi dan membahas perencanaan pembangunan infrstruktur secara matang. Perencanaan yang baik tak hanya berkitan dengan masalah teknis saja, namun juga tentang pembiayaan infrastruktur tersebut.

3. Mengajak keterlibatan masyarakat

Rencana pembangunan infrastruktur harus dikomunikasikan dengan baik dengan msyarakat sehingga masyarakat dapat terlibat secara aktif di dalamnya.Hal ini juga akan memunculkan aspirasi-aspirasi dari masyarkat yang dapat mempermudah pembangunan infrastuktur di Indonesia.

4. Memperbaiki birokrasi Indonesia

Perbaikan birokrasi pemerintah adalah hal yang harus dilakukan demi menunjang pembangunan infrastruktur di Indonesia. Kebijakan dari lembaga-lembaga yang terkait diperlukan guna melakukan prioritasisasi proyek yang bisa menjadikan birokrasi yang dibutuhkan berlangsung lebih efisien.

5. Merawat infrastruktur yang sudah ada

Infrastruktur yang sudah ada harus dirawat dengan baik agar bisa digunakan untuk kepentingan umum lebih lama dan sekaligus dapat  menghemat pengeluaran negara.

Demikianlah pembahasan tentang infrastruktur Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

0 komentar

Post a Comment