2023-09-13

Anti Ngereog: Cekresi.com, Teman Setia Belanja Mainan Anak Anda

Author -  Lubis Muzaki

Ketika tiba saatnya untuk memanjakan anak dengan mainan baru, aku selalu memilih untuk berbelanja secara online. Alasannya sangat sederhana, tapi memiliki dampak positif yang besar pada pengalaman belanja kami sebagai keluarga.

Yuk, kalian akan aku ajak mendengarkan kisah Liam dan ayahnya berikut untuk mengetahui mengapa sih aku memilih untuk berbelanja mainan secara online daripada datang langsung ke toko mainan.


Tidak ada yang lebih menggembirakan bagi si kecil bernama Liam, seorang bocah laki-laki berusia lima tahun yang bersemangat, daripada mengunjungi toko mainan setiap dua minggu atau sebulan sekali bersama ayahnya, Brian. Dari robot-robot keren hingga kereta mainan yang megah, Liam selalu memiliki daftar mainan yang ingin diajukan setiap kali mereka pergi ke toko mainan yang berjarak kurang lebih 5km dari rumahnya.


Namun, Brian, seorang ayah yang bijak, mulai menyadari bahwa rutinitas ini mungkin tidak hanya menguras kantong, tetapi juga menciptakan ekspektasi yang tinggi di mata Liam. Suatu hari, ketika mereka berjalan melalui lorong-lorong berwarna-warni toko mainan, Brian melihat mata Liam berbinar-binar saat ia meraih sebuah mainan berbentuk pesawat ulang-alik luar angkasa yang mahal.


"Ayah, bolehkan aku punya ini?" Liam bertanya dengan ekspresi harap-harap cemas.


Brian merasa sulit menolak permintaan anaknya. Namun, dia juga tahu bahwa belanja impulsif seperti ini bisa menjadi masalah, dan tidak selalu mungkin memenuhi semua keinginan Liam.



Dalam kisah ini, tentu tidak sedikit orang tua yang memiliki pengalaman yang sama. Dilema ingin membahagiakan anak dengan mengajaknya ke toko mainan namun malah berakhir dengan drama tangisan si anak.

Solusinya yang aku ambil saat ini adalah membelanjakan mainan anak secara online. Selain menghilangkan risiko anak tantrum di toko mainan, belanja mainan secara online menurutku memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang terbaik di era sekarang ini, ya.


1. Pilihan yang Luas dan Beragam

Ketika aku berbelanja mainan secara online, aku memiliki akses ke berbagai macam mainan dari berbagai merek dan jenis. Dari mainan pendidikan hingga mainan yang mengembangkan kreativitas, semuanya dapat ditemukan dengan mudah dan nyaman. Aku tidak akan terbatas pada apa yang tersedia di satu toko fisik.


2. Menghindari 'Penggoda' di Toko Fisik

Seringkali, saat aku membawa anak-anak ke toko mainan fisik, si anak bakal cenderung tergoda oleh mainan yang mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan atau anggaran. Belanja online memungkinkan aku untuk berbelanja dengan lebih tenang dan memilih mainan yang sesuai dengan minat dan usia anak.


3. Berbelanja Tanpa Trauma

Belanja online menghilangkan stres yang seringkali muncul saat mengajak anak-anak ke toko fisik. Dengan memesan mainan secara online, aku akan terhindar dari kemungkinan pertengkaran atau diskusi panjang saat berbelanja offline di toko besama anak.


4. Memudahkan Membandingkan Harga

Berbelanja online memungkinkan aku untuk lenih mudah membandingkan harga mainan di berbagai toko dan platform e-commerce. Aku dapat mencari penawaran terbaik dan menemukan produk yang sesuai dengan budget tanpa harus berkeliling ke berbagai toko fisik.


5. Paket Datang, Anak Senang

Salah satu keuntungan besar belanja online adalah pengiriman yang nyaman sampai ke pintu rumah. Ini membuatnya sangat mudah untuk memberikan hadiah kejutan kepada anak. Aku biasanya meminta anakku mengambilnya sendii secara langsung ketika Pak Kurir datang. Dia akan sangat exited ketika membuka/unboxing mainannya yang datang. 

Sebenarnya dari pengalamanku, excited anak ketika diajak belanja di toko fisik dan menerima paket mainannya datang itu sama saja sih. Raut senyumnya malah lebih lebar dan timbul penasaran saat membuka paketnya. 

Mungkin kekurangan saat berbelanja online adalah aku harus mengeluarkan tambahan biaya untuk ongkos kirim (ongkir). Namun, kebanyakan berdasarkan pengalaman yang aku alami adalah harga barang ditambah dengan ongkirnya tidaklah jauh berbeda saat aku beli barang tersebut secara offline

Apalagi nih, saat ini aku bisa menggunakan aplikasi atau website Cekresi.com untuk mengecek berapa kira-kira biaya ongkir yang harus aku keluarkan. 

Pengguna seperti aku dimanjakan dengan fitur cek ongkos kirim ini dari Cekresi.com. Fitur ini bemanfaat untuk aku yang akan melakukan perbandingan harga dari beberapa ekspedisi yang berbeda.

Dengan cukup memasukkan Kota Asal dan Kota Tujuan. Jangan lupa untuk memasukkan estimasi beratnya. Jika sudah, tinggal klik "Cek Tarif" maka akan keluar biaya untuk jasa pengirimannya sesuai dengan Penyedia Jasa Ekspedisi yang akan dipilih. 

Tak sampai di situ saja, situs Cekresi.com ini juga menyediakan sejumlah informasi seperti jasa ekspedisi yang sedang membuka diskon besar-besaran. Pastinya sangat bermanfaat bagi para pemburu diskon sepertiku. 


Cek Paket Sampai Mana Bersama Cekresi.com


Pengalaman berbelanja online dapat memberikan campuran perasaan: antusiasme mendapatkan barang yang diinginkan, tetapi juga kekhawatiran saat menunggu paket tiba. Namun, dalam dunia e-commerce yang semakin canggih, ada cara untuk meredakan kecemasan tersebut dengan memanfaatkan layanan pelacakan pengiriman yang andal.

Dalam website Cekresi kita dapat melacak paket dengan berbagai macam ekspedisi yang tersedia yaitu lebih dari 60 ekspedisi baik dalam maupun luar negeri, yang seperti tertera dalam tabel di bawah ini.

Jasa Pengiriman

JNE Express

Pandu Logistics

JX Express

J&T Express

Pahala Express

City Link Express

SiCepat

GTL

IJX Logistics

Ninja Xpress

Rosalia Express

Quantium Solutions

Anteraja

First Logistics

NSS Express

Shopee Express

RPX

21Express

ID Express

Dakota Cargo

KLC Cargo Express

Lion Parcel

PCP Express

Janio

Pos Indonesia

MGS Express

J Express

Lazada Express

NEX

KGP Kerta Gaya Pusaka

Wahana

ASP Express

KGXpress

Indah Logistik Cargo

ESL Express

Sentral Cargo

TIKI

aCommerce

XSYS Cargo Express Network

SAP Express

Star Cargo

Indopaket

Kerry Express

RCL

QRIM Express

Paxel

Standard Express

Baraka Express

REX

LWE

Karyati

NCS

Berikut merupakan salah satu tracking paket belanja online aku yang dapat dijadikan contoh tahapan untuk cek resi di website Cekresi.com:

Tahap pertama masuk ke website Cekresi.com yang dapat di akses melalui Android, IOS dan laptop, kemudian aku mengisikan nomor resi dalam kolom yang sudah disediakan seperti pada gambar di bawah ini:




Selanjutnya pilih dengan menge-klik ekspedisi yang sesuai dengan nomor resi yang aku miliki. Pada kasus ini, aku menggunakan Shopee Express. Jika sudah maka akan terlihat tampilan seperti berikut ini:





Jika sudah berubah seperti ini maka aku dapat memilih opsi informasi mana saja yang ingin aku ketahui. Untuk memantau perjalanan paket secara detail, aku dapat memilih opsi "Lihat detail paket" atau juga "Lihat perjalanan paket" dan akan muncul secara rinci dan sangat mudah dipahami seperti berikut:



Dari status paketku di atas, sejauh ini masih aman. Bisa dilihat per tanggal 14 September hari ini (tanggal aku post artikel ini), paket sudah sampai di Jember. Sebentar lagi, paket yang aku beli akan segera dikirimkan ke Banyuwangi dan sampai di rumahku.

Tak hanya itu saja, jika paket yang aku beli dalam proses pengirimannya ternyata ditemukan "tidak bergerak", maka aku bisa memanfaatkan fitur Tanya Paket. Fitur Tanya Paket ini membantuku untuk melacak paket yang dikirimkan. Cara memanfaatkan fitur ini adalah:

  1. Isi judul pertanyaan dengan singkat dan jelas.
  2. Memasukkan nomor resi dan nama ekspedisi yang dimaksud.
  3. Isikan pertanyaan atau kendala yang ingin disampaikan dengan menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami.

 

Bagaimana? Mudah, nyaman, aman kan? Tentu ini membuatku beli mainan tanpa bikin anak nge-reog, kan? Dari rumah aku dapat mengecek ongkos kirim belanja online dari berbagai ekspedisi, kemudian lacak perjalanan paket yang aku beli untuk mengetahui posisinya, dan terakhir jika menemukan kendala seperti paket stagnan, atau paket tertahan hingga paket yang belum sampai melewati batas tanggal yang ditentukan aku dapat bertanya melalui fitur tanya paket.

Untuk saran dariku saat menggunakan layanan Cekresi.com adalah pastikan kembali nomor resi yang akan dicek status pengirimannya sudah benar atau belum. Setiap jasa layanan ekspedisi pengiriman memiliki format resi (airwaybill) yang beragam. Karena dalam banyak kasus, kesalahan input no resi merupakan penyebab utama gagalnya pengecekan status paket di Cekresi.com. 


Happy shopping no drama-drama, ya!

0 komentar

Post a Comment