Pengertian, Langkah-Langkah dan Tips Pemasangan Alucopan

Pemasangan alucopan pada sebuah bangunan kini mulai banyak dilakukan. Alucopan atau biasa juga disebut dengan Alumunium Composite Panel (ACP) memang cukup diminati penggunaannya karena dianggap bisa menonjolkan sisi artistik pada sebuah bangunan. Selain itu, ACP biasanya juga digunakan sebagai pengganti sentuhan terakhir plester dan cat. Karena itulah, kini banyak bangunan, seperti contohnya rumah sakit. bank, hotel, gedung perkantoran, dan juga perpustakaan nasional yang menggunakan bahan material yang satu ini. Berikut ini akan dibahas Apa itu Alucopan? Mengenai apa itu Aluminium Composite Panel (ACP) dan pemasangannya pada sebuah bangunan beserta dengan tips-tips yang bisa Anda lakukan agar ACP atau alucopan dapat terpasang dengan baik.

Gedung RS Unair dilengkapi dengan Alucopan


Apa itu Alucopan?


Alucopan atau Aluminium Composite Panel atau ACP merupakan material yang berupa plat datar yang terbuat dari bahan polyethylene dan dilapisi dengan bahan aluminium pada kedua sisinya. Alucopan biasanya digunakan untuk melapisi dinding eksterior dan interior sebuah bangunan untuk menampilkan kesan yang artistik pada bangunan tersebut.

Jenis Alucopan yang digunakan pada dinding interior adalah Alucopan yang terbuat dari bahan polyester. Sementara itu, Alucopan yang digunakan untuk dinding eksterior adalah yang berjenis PVDF (polyvinyl defluoride).

Alucopan atau ACP mulai banyak digunakan dalam dunia konstruksi karena sifatnya yang begitu ringan namun tetap kokoh. Karena itulah, bahan material yang satu ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai struktur sementara untuk stan pameran dagang dan berbagai struktur yang bersifat temporal lainnya.

Bahkan kini beberapa bangunan terkenal di dunia pun menggunakan ACP sebagai salah satu komponennya. Bangunan-bangunan tersebut antara lain Spaceship Earth, Van Dusen Botanical Garden, dan Perpustakaan Nasional Jerman yang berada di Leipzig

Material Dinding yang Dilapisi Alucopan


Biasanya dinding yang dilapisi dengan Alucopan adalah dinding batu-bata dan juga dinding beton. Berikut ini adalah perlakuan pada masing-masing jenis dinding yang akan dilapisi dengan Alucopan:

1. Pemasangan ACP Pada Dinding Batu Bata

Sebelum dilakukan proses pemasangan Alucopan, dinding yang terbuat dari batu bata harus diplester dengan rapi terlebih dahulu. Anda boleh menggunakan plesteran yang menggunakan aci ataupun tidak. Yang terpenting adalah plesteran tersebut harus tampak rapi. Fungsi dari plester tersebut adalah untuk memperkuat rangka konstruksi dan membuat ACP tersebut dapat tahan lama menempel pada dinding tersebut.

2. Pemasangan Alucopan Pada Dinding Beton

Untuk pemasangan ACP pada dinding yang terbuat dari beton, Anda dapat langsung memasang Alucopan tersebut pada dinding beton tersebut tanpa perlu diplester terlebih dahulu.

Langkah-Langkah Pemasangan ACP


Setidaknya ada 5 langkah pemasangan ACP, yaitu:
  • Memasang konstruksi rangka dudukan Alucopan pada permukaan dinding baik yang terbuat dari batu bata maupun beton
  • Melakukan fabrikasi lembaran ACP
  • Memasang lembaran Alucopan pada rangka dudukan
  • Memasang sealent pada bagian sela-sela lembaran Alucopan
  • Membersihkan Alucopan dan memasangnya
Sebelum memasangnya, penting juga bagi Anda untuk memeriksa kembali sambungan las dan kekuatan sekrup pada besi hollow terpasang. Pastikan jika besi hollow ini terpasang secara kuat sebelum ACP ditempelkan. Besi hollow ini merupakan sokongan yang nantinya digunakan sebagai tempat untuk menempelkan Aluminium Composite Panel (ACP). Tak heran jika kekuatan dari ACP sendiri bergantung pada rangka Hollownya.


Tips Pemasangan Aluminium Composite Panel



Untuk mendapatkan hasil yang memuasan dari pemasangan Alucopan, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin berguna bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan ACP untuk rumah maupun bangunan komersial:
  • Gunakan jasa profesional yang memiliki pengalaman di bidang konstruksi, khususnya yang telah berpengalaman memasang Aluminium Composite Panel.
  • Apabila Anda hendak memasang ACP pada dinding yang terbuat dari batu bata, maka terlebih dulu dinding tersebut harus diplester dengan rapi agar hasil pemasangan ACP nantinya memuaskan.
  • Anda harus memastikan ACP kondisinya tetap aman selama proses pengiriman. Untuk itu, sebaiknya ACP diletakkan dengan posisi mendatar.
  • Terdapat dua sistem pemasangan ACP, yakni sistem tekuk dan sistem kupas. Masing-masing sistem tersebut memiliki kekurangan dan kelebihanya sendiri. Proses pemasangan dengan sistem tekuk biasanya dapat dilakukan dalam waktu yng relatif singkat, namun ACP harus ditekuk secara seragam satu kali saja dan tidak boleh ditekuk secara berulang-ulang. Sementara itu, sistem kupas biasanya cukup memakan waktu, namun ACP yang terpasang akan lebih kuat dibandingkan dengan yang dipasang dengan sistem tekuk. 

Demikianlah pembahasan tentang pengertian,langkah-langkah, serta tips pemasangan Alucopan atau Aluminium Composite Panel. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

0 komentar

Post a Comment