6 Cara dan Ide Membuat Nama Podcast Unik

Author -  Lubis Muzaki

Podcast populer karena memungkinkan pengguna untuk mengakses konten audio atau video yang dapat diputar pada saat yang sesuai dengan keinginan viewers/audines. Karena saat ini banyak diminati masyarakat, mungkin Anda ingin mengambil kesempatan ini dengan membuat podcast maka jangan lupa untuk menggunakan nama podcast yang unik sehingga mudah diingat oleh pengguna.

Podcast atau dalam Bahasa Indonesia disebut siniar merupakan cara yang efektif untuk menyampaikan informasi atau hiburan kepada audiens yang tertarget. Masyarakat saat ini sangat menyukai podcast karena memberikan fleksibilitas yang lebih besar dibandingkan dengan media tradisional seperti radio atau televisi. 

Pengguna dapat memutar podcast saat bepergian, sedang bekerja, atau melakukan kegiatan lain yang tidak memerlukan tatap muka dengan layar. Selain itu, podcast juga menawarkan banyak pilihan topik yang luas, sehingga pengguna dapat menemukan konten yang sesuai dengan minat mereka.

Jika Anda sudah memiliki topik tertentu yang akan diulas di podcast, maka langkah selanjutnya adalah memberi nama podcast unik agar tampak menarik. Berikut akan dibahas sejumlah ide nama podcast unik.





6 Ide Nama Podcast Unik



Podcast memberi kebebasan bagi para podcasters untuk mengeksplorasi ide dan topik yang diminatinya. Ini memungkinkan podcasters untuk lebih bebas mengekspresikan diri dan menyajikan konten yang unik dan menarik di dalam siniarnya. 


Berikut ini adalah tips dan sekaligus ide nama podcast yang mungkin bisa Anda gunakan ketika ingin membuat podcast:


1. Nama podcast mengandung hari tayangnya



Mengandung nama hari tayang dalam nama podcast dapat menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin menekankan bahwa podcast Anda tayang setiap hari atau pada hari tertentu dalam seminggu. Misalnya, "Podcast Senin Siang" atau "Podcast Jumat Malam". Namun, pastikan bahwa nama podcast tersebut mudah diingat dan tidak terlalu panjang atau rumit. 

Selain itu, pertimbangkan juga apakah nama tersebut akan tetap relevan jika Anda memutuskan untuk mengubah jadwal tayang podcast Anda di kemudian hari.


2. Nama podcast sesuai dengan seputar tema obrolan yang dibahas


Buat daftar kata-kata yang menggambarkan topik atau tema podcast Anda. Misalnya, jika podcast Anda ingin membahas hal-hal magis, horror, maka kata-kata seperti "Mistik", "Jumat Kliwon", "Apa Kamu Melihat", bisa menjadi pilihan yang baik untuk menamai podcast yang unik ini.

Ide nama podcast dengan disesuaikan tema tersebut akan membuat podcast Anda lebih tertarget. Berikut ini adalah ide nama podcast unik yang berasal dari beragam tema:


  • Olahraga Bareng (podcast yang membahas tentang olahraga, gym, dan kebugaran)
  • Ngelucu (podcast yang menyajikan komedi)
  • Bahas Manusia (podcast yang ngobrolin tentang dunia psikologi untuk membantu orang lain dalam menghadapi masalahnya sehingga bisa menemukan jalan keluar atau harapan baru)
  • Dst


3. Gunakan frase atau kata/kalimat yang menarik dan mudah diingat

Cara lain untuk menemukan ide nama podcast unik adalah dengan memastikan bahwa podcast dinamai dengan menggunakan frasa atau kalimat yang menarik dan mudah diingat.

Dalam permainan kata, gunakan campuran kata-kata yang kreatif, namun mudah diingat sehingga dihasilkan nama podcast yang bagus. Berikut ini adalah contohnya:


  • The Documentary of History
  • Temen Tidur N Relax
  • Kue Pagi Ngobrol Sana Sini
  • Cuap Nnyenengin
  • Ustad Talk
  • Entertain Obral
  • Dst


4. Gunakan Nama Anda + Frasa Unik/Tema Obrolan yang Dibahas


Sebagai contohnya, nama-nama podcast unik ini adalah Daniel Tetangga Kamu, Gritte Buka Praktek, dsb. Sebagai catatan, pastikan untuk memastikan bahwa nama podcast Anda tidak digunakan orang lain dan mudah diingat serta dibaca.


5. Kenali target audiens Anda


Untuk mengenali target audiens Anda di podcast, pertama-tama Anda perlu menentukan tujuan Anda dalam membuat konten untuk podcast.

Apakah Anda ingin meningkatkan brand awareness atau mempromosikan produk Anda? Atau mungkin Anda hanya ingin berbagi pengetahuan dan hobi dengan orang lain? 

Setelah Anda menentukan tujuan Anda, Anda dapat memikirkan siapa yang akan tertarik dengan konten podcast Anda dan apa kebutuhan atau minat mereka. Baru, Anda dapat memberikan nama podcast yang cocok untuk itu. 

Dengan mengetahui lebih banyak tentang target audiens Anda, Anda dapat membuat konten podcast yang lebih relevan dan menarik bagi mereka.


6. Pilih nama yang simpel tapi mengena

Saat Anda mencoba untuk membuat nama podcast yang unik, Anda harus menghindari menggunakan terlalu banyak kata panjang. Hindari pemilihan nama lebih dari 5 kata. Karena lebih dari lima kata akan membuat penikmat podcast bingung. 

Selain itu, jika nama podcast terlalu panjang, mungkin tidak muat di layar/tampilan website. Jadi, usahakan agar nama podcast Anda tetap simple, seperti berikut ini:

  • Gadget-in Aja
  • Doyan Makan Talks
  • Ini Bisnis Sukses
  • CantikQ, Cantik Kita
  • KasiSolusi
  • Tanya Jawab Kehidupan
  • Dst

Jika Anda masih kesulitan, cobalah untuk berkonsultasi dengan teman atau rekan kerja yang memiliki minat yang sama dengan topik podcast Anda. Mereka mungkin dapat memberikan saran yang berguna.

0 komentar

Post a Comment