Contoh Strategi AIDCA Iklan Makanan Ringan Di TV Yang Kreatif

Author -  Lubis Muzaki

Dalam dunia pemasaran, strategi AIDCA telah menjadi panduan berharga untuk memahami dan merancang kampanye yang dapat menggugah perhatian, membangun minat, menciptakan keinginan, meyakinkan, dan mendorong tindakan. 

Bagaimana strategi ini diterapkan dengan cerdas dalam iklan makanan ringan yang kita nikmati setiap hari? Mari kita telaah bersama.



Apa itu AIDCA?

AIDCA adalah singkatan yang merangkum lima tahapan kritis dalam proses pemasaran: Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (kebutuhan), Conviction (keinginan), dan Action (tindakan). 

Strategi ini memberikan kerangka kerja untuk merancang kampanye pemasaran yang memandu audiens dari pemahaman awal tentang produk hingga tindakan pembelian.

Baca juga: Jurus AIDA dalam Beriklan, Untuk Menarik Konsumen!

Penjelasan Tahapan Funnel AIDCA

Berikut ini masing-masing penjelasan tahapan dari masing-masing funnel AIDCA.

1. Attention (Perhatian)

Tahapan attention memerlukan iklan yang mampu menarik perhatian audiens dengan ukuran, warna, tata letak, dan efek suara yang tepat. Kesuksesan pada tahap ini menentukan seberapa efektif kampanye pemasaran dalam menarik perhatian khalayak.


2. Interest (Minat)

Setelah berhasil menarik perhatian, langkah selanjutnya adalah membangun minat audiens terhadap produk. Ini melibatkan rangsangan agar audiens mau menggali informasi lebih lanjut, baik dengan membaca, mendengar, menyaksikan, atau mengikuti pesan dalam iklan.


3. Desire (Kebutuhan)

Pada tahap ini, tujuan utama adalah mengubah minat menjadi kebutuhan atau keinginan. Iklan harus mampu membangkitkan keinginan audiens untuk memiliki atau menikmati produk yang diiklankan.


4. Conviction (Keinginan)

Tahap conviction melibatkan usaha untuk meyakinkan audiens agar berinteraksi lebih lanjut dengan bisnis. Ini menciptakan kebutuhan dalam pikiran calon konsumen dan menumbuhkan kepercayaan diri terhadap produk, walaupun masih ada keraguan.


5. Action (Tindakan)

Tahapan terakhir adalah membuat audiens melakukan tindakan nyata, seperti pembelian. Meskipun calon konsumen mungkin sudah siap membeli, masih diperlukan dorongan lebih lanjut dari iklan untuk membimbing mereka menuju keputusan pembelian yang konkret.


Strategi AIDCA Iklan Makanan Ringan TV


Sebagai contoh, iklan makanan ringan TV produk snack Kacang Garuda yang menggunakan pendekatan strategis AIDCA. Strategi ini berguna untuk menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi konsumen. 

Mari kita eksplorasi setiap tahapnya:


1. Attention (Perhatian, Daya Tarik)

Definisi Attention:

Menciptakan daya tarik awal yang memikat perhatian konsumen melalui elemen visual, warna, dan efek khusus.


Aplikatif pada Iklan Kacang Garuda:

Iklan memulai dengan pemandangan 3D yang menghadirkan pabrik Kacang Garuda dengan warna yang menarik. Model gadis kecil dan koki dalam iklan menciptakan keunikan visual. Musik yang ceria menjadi pelengkap untuk menarik perhatian tanpa harus mencolok.


2. Interest (Minat)

Definisi Interest:

Menggugah minat konsumen melalui trik visual, permainan kamera, dan efek-efek khusus untuk menimbulkan rasa ingin tahu yang lebih dalam.


Aplikatif pada Iklan Kacang Garuda:

Melalui trik permainan sudut pandang kamera dan efek visual, iklan menstimulasi minat penonton untuk lebih dekat dengan produk. Ini membantu menciptakan rasa ingin tahu tentang proses produksi dan kualitas Kacang Garuda.


3. Desire (Kebutuhan)

Definisi Desire:

Menciptakan keinginan konsumen untuk memiliki produk melalui penggambaran produk yang menggugah selera dan menghubungkannya dengan kepuasan.


Aplikatif pada Iklan Kacang Garuda:

Iklan menampilkan wafer renyah dilapisi krim keju yang menggiurkan, membangkitkan keinginan penonton untuk menikmati Kacang Garuda. Penggambaran gadis kecil dan keluarga yang menikmati produk menambah dimensi emosional, meningkatkan keinginan konsumen.


4. Conviction (Rasa Percaya)

Definisi Conviction:

Membangun rasa percaya konsumen melalui penekanan pada kandungan gizi, pengalaman positif keluarga, dan fakta yang mendukung kualitas produk.


Aplikatif pada Iklan Kacang Garuda:

Iklan menampilkan kandungan gizi yang sehat dan menyajikan keluarga yang ceria saat menikmati Kacang Garuda. Ini memperkuat keyakinan konsumen akan kelezatan dan kualitas produk.


5. Action (Tindakan)

Definisi Action:

Mendorong tindakan konsumen untuk membeli produk melalui panggilan aksi yang kuat, seperti jingle dan tagline yang memikat.


Aplikatif pada Iklan Kacang Garuda:

Jingle dengan kalimat "semua suka Kacang Garuda kaya keju" menjadi panggilan tindakan yang efektif, diperkuat oleh tagline "Kaya Keju" di akhir iklan. Ini mendorong konsumen untuk segera merasakan kelezatan Kacang Garuda.


Strategi AIDCA menjadi kunci dalam merancang iklansebuah produk yang efektif. Dengan menyelami setiap tahap perjalanan konsumen, iklan mampu menggugah emosi, membangun koneksi, dan mendorong tindakan pembelian. Melalui inovasi dan kreativitas, perusahaan makanan ringan terus menyesuaikan strategi AIDCA untuk memenangkan hati konsumen di pasar yang semakin kompetitif.

0 komentar

Post a Comment