2022-08-26

6 Sifat Plafon Gypsum yang Wajib Diketahui Sebelum Memasangnya

Author -  Lubis Muzaki

Pemasangan plafon gypsum termasuk dalam kategori pekerjaan finishing. Sebelum memutiuskan untuk memilih gypsum untuk plafon atau langit-langit sebuah ruangan, sebaiknya ketahui dahulu sifat-sifat plafon gypsum. 

Meskipun plafon gyspsum memiliki sejumlah keunggulan, namun sifatnya yang mudah rapuh dan tidak tahan air pelu diperhatikan oleh tukang. Apalagi pekerjaan ini termasuk untuk mendekorasi interior sebuah ruangan. Jika gagal, maka tampilan ruangan akan nampak jelak.

Nah, oleh karenanya tukang atau pekerja perlu mengetahui sifat plafon gypsum baik itu kelebihan maupun kekurangan gypsum. Dengan begitu, pekerja dapat memperlakukan bahan material ini dengan cara yang tepat.




6 Sifat Gypsum yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Dipasang untuk Plafon


Terdapat enam sifat plafon gypsum, yaitu:


1. Proses instalasi yang mudah sehingga pemasangan lebih efisien


Menutup atap pada bagian bawahnya dengan memasang batu bata membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karenanya, plafon dari gypsum ini bisa menjadi solusi untuk pemasangan langit-langit agar lebih efisien.

Gypsum dalam bentuk papan/lembaran membuat para pekerja tidak perlu repot memasangnya. Karena papan gypsum ini mampu mengcover ruang yang luas. Sifat plafon gypsum yang ringan bobotnya ini juga turut makin memudahkan dalam proses pemasangan.

Proses pemotongan papan gypsum juga tergolong mudah yang membuatnya mudah dibentuk sesuai keinginan. Tak hanya itu, ukuran yang tipis membuat papan plafon gypsum diberi paku agar menempel sempurna pada rangkanya.


2. Mampu meredam suara



Selanjutnya sifat plafon gypsum adalah mampu meredam suara dengan baik. Material bangunan ini tidak hanya cocok untuk ruangan produksi pada sebuah pabrik ataupun juga untuk hunian rumah. 

Dengan menggunakan papan gypsum sebagai plafon ataupun partisi dinding, bangunan konstruksi tersebut akan terbebas dari kebisingan. Papan gypsum ini juga sangat pas apabila digunakan untuk plafon dan juga pengganti dinding plesteran pada ruang studio musik/ruang teater. Penggunaan plafon dan partisi dinding dari gypsum akan mampu mengurangi trasmisi suara ke ruangan lain.


3. Bisa dilakukan pengecatan


Papan gypsum yang bisa dicat ulang membuat material bangunan ini makin populer di masyarakat.  Pekerja bisa mengecat papan ini ataupun juga dipasangi dengan wallpaper untuk dekorasi. 

Sifat plafon gypsum yang satu ini membuat pekerja bisa lebih berkreasi sebebas-bebasnya untuk menghasilkan plafon atau partisi ruangan sesuai keinginan.


4. Tidak tahan air


Meskipun sederet kelebihan hadir, papan gypsum memiliki kekurangan, yaitu sifatnya yang tidak tahan air. Untuk itu, sangat direkomendasikan untuk tidak menggunakan papan gypsum dalam ruangan yang mudah terkena air, seperti area kamar mandi.




5. Rapuh


Selain tidak tahan air, bahan material ini juga termasuk material yang mudah rapuh. Hindari untuk memberi beban di atas papan gypsum ini. Selain berisiko retak, papan ini mudah hancur. 

Semakin tua, papan gypsum ini semakin melemah kekuatannya. Oleh karenaanya, lakukan perawatan secara rutin sebelum sebelum plafon mengalami kerusakan yang lebih parah.


6. Mudah dirawat dan diperbaiki


Meskipun sifat plafon gypsum itu rapuh dan tidak tahan air, namun bahan ini mudah untuk diperbaiki ketika mengalami kerusakan.

Ketika plafon gypsum mengalami retak rambut, pekerja cukup menutupinya dengan plester semen mortar atau dengan plamir. Pilihlah plamir yang memiliki warna senada dengan gypsum. Selain itu, Anda bisa bisa memotong bagian papan gypsum yang rusak dan kemudian menambalnya dengan papan gypsum yang baru. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, jika papan gypsum ini sangat mudah dilakukan pemotongan.

0 komentar

Post a Comment