2023-02-07

Ini Lho Rumus Tinggi Atap Rumah, Kemiringan, dan Overstek Kuda-Kuda!

Author -  Lubis Muzaki

Tinggi atap rumah sangat penting untuk memastikan kualitas dan kestabilan rumah. Kuda-kuda atap harus memiliki tinggi yang tepat agar dapat memenuhi fungsi utamanya yaitu sebagai penopang atap dan memastikan tekanan dapat disalurkan dengan baik ke struktur bangunan dasar.

Rumus tinggi atap rumah bisa ditemukan dengan menghitung jarak antara dasar kuda-kuda atap dan bagian atas atap. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan tinggi atap rumah, seperti lokasi geografis, cuaca, dan tipe atap.




Tinggi atap rumah bervariasi tergantung pada desain dan tujuan dari rumah tersebut. Tinggi atap yang lebih tinggi misalnya dapat memberikan ruang tambahan, sementara tinggi atap yang lebih rendah dapat membuat ruangan terasa lebih cozy dan intimate.

Ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan ketika ingin membuat atap rumah, yaitu ketinggian atap rumah (tinggi kuda-kuda atap), kemiringan atap, dan overstek. Berikut artikel di sini akan membahas lebih tuntas lagi:


Rumus Tinggi Atap Rumah





Dalam memilih jenis atap, sudut kemiringan sangat mempengaruhi tampilan dan kinerja atap. Idealnya, sudut kemiringan atap harus sekitar 25-40 derajat. Namun, tergantung pada jenis penutup atap yang dipilih, sudut kemiringan atap bisa berbeda-beda. Misalnya, genteng keramik dan beton memiliki sudut minimal berkisar antara 30-35 derajat.

Itu sebabnya, sebelum memperhitungkan tinggi kuda-kuda atap, penting bagi Anda untuk menentukan terlebih dahulu jenis penutup atap yang akan digunakan. Ini akan membantu Anda menentukan sudut kemiringan atap yang tepat dan memastikan bahwa atap Anda berfungsi dengan baik.

Nah, berikut ini adalah rumus tinggi atap rumah:

Tinggi Kuda-Kuda Atap = ½ (Panjang Bentang atau Lebar Bangunan) x Tangen dari sudut kemiringan atapnya

Berikut disajikan contoh studi kasus perhitungan rumus tinggi atap rumah agar lebih mudah memahami:

Pak Rudi ingin membangun rumah dengan atap yang memiliki panjang bentang sebesar 8 meter serta sudut kemiringan atap sekitar 35 derajat. Nah, berapakah tinggi atap rumah Pak Rudi agar memiliki tampilan yang ideal dan aman?

Diketahui:


  • Panjang bentang = 8 meter
  • Sudut kemiringan atap = 35 derajat


Ditanyakan:


Tinggi atap rumah Pak Rudi?


Penyelesaian:

  • Rumus tinggi kuda-kuda atap rumah = ½ (Panjang Bentang atau Lebar Bangunan) x Tangen dari sudut kemiringan atap
  • Tinggi kuda-kuda atap = 1/2 x 8 x tan 35 derajat
  • Tinggi kuda-kuda atap = 4 x 0.7002
  • Tinggi kuda-kuda atap = 2,8008 meter



Cara Menghitung Kemiringan atap


Dalam membangun atau merenovasi rumah, menghitung kemiringan kuda-kuda atap dengan benar sangat penting untuk memastikan bahwa atap berfungsi dengan baik.

Namun, bagaimana cara menghitung kemiringan atap dengan benar? Faktanya, hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan rumus matematika sederhana. Rumusnya adalah setengah dikali (X) lebar bangunan dikali (X) cosinus kemiringan sudut atap. Dituliskan dalam rumus matematika, rumus ini seperti ini: ½ x lebar bangunan x cos a (kemiringan sudut atap).

Dengan menggunakan rumus ini, Anda bisa dengan mudah menentukan berapa besar kemiringan kuda-kuda atap yang tepat. Ini akan memastikan bahwa atap Anda memiliki sudut kemiringan yang sesuai dengan jenis penutup atap yang dipilih dan memastikan bahwa atap berfungsi dengan baik.

Contohnya saja diketahui lebar bangunan Pak Aslam sekitar 8 meter. Sedangkan kemiringan sudut atap yang dikehendakinya adalah 35 derajat. Lalu, berapakah panjang sisi miring dari kuda-kuda atap milik Pak Aslam?

Penyelesaian:

= ( ½ x 8 meter ) x cos 35 derajat

= 4 x 0.81915

= 3.28 meter = 328 cm


Rumus Menghitung Panjang Overstek




Sedangkan untuk overstek atap dibuat agar bisa berfungsi sebagai pelindung bangunan dari tampias akibat air hujan yang terhempas angin dan dikhawatirkan akan masuk dari tepi ujung penutup atap. . 

Nah, cara menghitung overstek dapat menggunakan rumus sebagai berikut:

Panjang overstek miring dapat ditemukan dengan rumus = 

Jarak horizontal antara dinding terluar bangunan ke titik terluar overstek rangka atap : cos a (kemiringan sudut atap).

Untuk memahami perhitungan diatas bisa dengan memahami contoh soal. Diketahui panjang overstek datar sekitar 80 cm. Kemiringan sudut atapnya sekitar 35 derajat. Perhitungan panjang overstek miringnya adalah :

= 80 cm : cos 35

= 97.66 cm


Bahan kuda-kuda atap rumah juga sangat beragam, seperti baja ringan, besi, kayu, dll. Rumus tinggi atap rumah membantu menghitung budget bahan yang dibutuhkan untuk pelaksanaan proyek pembangunan rumah. Memahami perhitungan tinggi atap rumah membantu Anda dalam membuat perencanaan dan memastikan bahwa rumah yang Anda bangun akan tetap kokoh dan aman. Jangan lupa untuk memahami contoh soal sebelum menentukan tinggi atap rumah.

0 komentar

Post a Comment